Mengenal Karakter Wirausahawan Mandiri yang Sepatutnya Kita Contoh? Why Not!

Di postingan ini kami akan jelaskan seputar [permalink]Mengenal Karakter Wirausahawan Mandiri yang Sepatutnya Kita Contoh? Why Not![/permalink]. Dikala ini, di tengah sulitnya menerima profesi dan membesarnya gelombang pemutusan kekerabatan kerja, banyak orang melirik bidang wirausaha atau entrepreneur sebagai sumber nafkah yang menjanjikan. Menjamurnya franchise semakin memudahkan orang untuk terjun ke dunia usaha karena mereka tak perlu repot memikirkan konsep bisnisnya. Lalu apakah itu berarti semua orang dapat menjadi wirausaha?

Mengenal  Karakter  Wirausahawan Mandiri yang Sepatutnya Kita Contoh? Why Not!

Mengenal Karakter Wirausahawan Mandiri yang Sepatutnya Kita Contoh? Why Not!

Pada dasarnya ya. Cuma, memang ada karakteristik tersendiri yang perlu dimiliki seseorang agar bisa menjadi wirausaha yang berhasil. Menurut Kisdarto Atmosoeprapto, dalam bukunya, Berdayakan Sumber Tenaga Manusia Anda, kewirausahaan (entrepreneurship) adalah salah satu opsi karier yang ada hubungannya dengan macam kepribadian seseorang, karena sumber daya manusia merupakan modal awal kewirausahaan, baik secara pribadi si pengusaha (wirausaha) maupun secara klasifikasi (staf dan pekerja dari usaha yang dijalankan, para pendukung usaha seperti supplier, distributor, subkontraktor, dan sebagainya).

Kecuali tipe kepribadiannya, pengembangan pribadi orang yang terjun ke bidang usaha akan sangat menentukan berhasil tidaknya memulai, menjalani, dan mengoptimalkan usaha tersebut. Definisi wirausaha ialah orang yang melakukan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi. Oleh sebab itu, wirausaha perlu mempunyai kesiapan mental, bagus untuk menghadapi kondisi merugi ataupun untung besar.

Mengenal Karakter Wirausahawan Mandiri yang Sepatutnya Kita Contoh? Why Not!

Jika seperti itu, karakteristik apakah yang perlu dimiliki seorang wirausaha? Sifat-sifat apa yang perlu melekat dalam diri seseorang untuk bisa menjadi wirausaha berhasil?

1. Percaya Diri

Atensi pertama yakni percaya diri. Tanpa kepercayaan diri, mustahil seseorang atau sekelompok orang akan sukses berwirausaha. Rasa percaya diri, terlepas dari semua keterbatasan yang ada, yaitu modal utama mengawali bisnis.

2. Punya Banyak Minat

Sifat kedua yang perlu dimiliki yakni punya banyak atensi. Bisa mempunyai banyak atensi, Anda akan punya keinginan dan asa yang variatif, yang akan membuahkan ide-pandangan baru baru untuk peningkatan usaha, bagus dari segi kualitas ataupun pengembangan macam produksi barang atau jasa.

Mengenal Karakter Wirausahawan Mandiri yang Sepatutnya Kita Contoh? Why Not!

3. Bisa Bersepakat dan Punya Ambisi

Wirausaha juga perlu dapat berjanji sebab dia wajib dapat mengelola pekerjaan dengan baik bersama orang lain, baik di dalam perusahaan (manajemen, staf, pekerja), ataupun di luar perusahaan, (supplier, distributor, konsumen). Kesepakatan yang dimaksud bisa berupa janji lisan, maupun yang dituangkan dalam perjanjian tertulis. Kecuali itu, wirausaha juga perlu punya tekad. Tanpa tekad, orang tak akan giat dalam mengerjakan usaha. Terlihat, ambisi ini memang perlu dikontrol supaya tak mengarah ke hal-hal yang negatif atau merugikan orang lain.

4. Menonjol dalam Hal Positif dan Berjiwa Penjelajah

Sifat lain merupakan menonjol dalam hal yang positif, misalnya dalam hal kwalitas produk dan layanan jasa, serta dalam wujud persaingan yang sehat, baik di dalam perusahaan (antara karyawan satu dan lainnya) maupun antara perusahaan satu dan lainnya. Jiwa penjelajah juga diperlukan dalam berwirausaha. Energi ini bermanfaat untuk mencari masukan atas tipe jenis produk dan jasa atau ceruk pasar, metode berpromosi, distribusi, dan sebagainya.

Mengenal Karakter Wirausahawan Mandiri yang Sepatutnya Kita Contoh? Why Not!

5. Menyenangi Mencoba Sesuatu

Ini dilengkapi dengan sifat menyukai mencoba sesuatu dan membikin sesuatu menjadi menarik, sehingga produk dan jasa serta pengalaman yang diberi ke konsumen bervariasi. Dengan begitu, konsumen tak bosan dan bertambah setia. Ini juga penting untuk kepentingan promosi produk supaya bisa menarik konsumen baru.

6. Penuh Energi

Wirausaha juga perlu bersifat penuh tenaga karena ada perbedaan waktu kerja apabila diperbandingkan dengan karyawan yang jam kerjanya tertentu tiap harinya. Tak kelihatannya mempunyai waktu lebih bebas, kadang wirausaha juga seperti tak mengetahui rehat. Waktunya kerap kali betul-betul ditetapkan dan tergantung dari supplier, distributor, dan konsumen. Untuk itu, wirausaha perlu mempunyai kesehatan yang prima, makan makanan dan minum minuman bergizi, serta melaksanakan olahraga yang cukup, agar dapat mengatasi tekanan yang datang dari konsumen, supplier, serta distributor.

Mengenal Karakter Wirausahawan Mandiri yang Sepatutnya Kita Contoh? Why Not!

7. Menyenangi Mencari Kesenangan

Guna mengimbangi tekanan yang timbul itu, wirausaha perlu menyukai mencari kesenangan. Ini sekalian dapat menjadi sarana untuk mengakrabkan diri dengan karyawan dan keluarga, juga dengan supplier, distributor, serta konsumen. Salah satu semisal adalah dengan mengadakan Family Day.

8. Pandai Berbasa-basi

Sebagai orang yang berurusan dengan banyak orang dari bermacam kepentingan, wirausaha perlu trampil berbasa-basi. Memang keterampilan itu tidak dimiliki segala orang, melainkan bagi wirausaha, hal ini sungguh-sungguh penting. Trampil perlu terlalu kompleks, kadang cukup dengan sekadar menyapa melalui telepon atau SMS.

Mengenal Karakter Wirausahawan Mandiri yang Sepatutnya Kita Contoh? Why Not!

9. Optimistis dan Senang Memberi Inspirasi

Wirausaha juga perlu bersifat optimistis agar selalu giat dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi usaha. Seorang wirausaha seharusnya bahagia memberi ide terhadap orang lain, umpamanya mengenai pandangan baru-inspirasi usaha baru, selama hal itu tidak menjadi bumerang atau menghancurkan usahanya sendiri;

10. Berjiwa Sosial dan Pintar Bicara

Seorang wirausaha wajib berjiwa sosial sehingga bisa menjalin hubungan baik dengan karyawan dan lingkungan di sekitar daerah usaha. Kecuali itu seorang wirausaha juga semestinya pintar bicara, bagus dalam menyampaikan arahan-arahan ke karyawan maupun dalam bentuk promosi dan pemasaran ke supplier, distributor, serta konsumen.

Demikian info seputar Mengenal Karakter Wirausahawan Mandiri yang Sepatutnya Kita Contoh? Why Not!, semoga post ini membantu kalian. Tolong artikel ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Related Posts

Add Comment